Apa itu JKT48?

Kalangan yang baru mengenal JKT48 pasti bertanya-tanya, apakah JKT48 itu? Bagaimana sejarah pembentukannya? Apakah JKT48 itu girlband ? Kalau bukan, apa bedanya dengan girlband-girlband yang kini menjamur di Indonesia?

JKT48 (baca : jekeiti forty eight) adalah sebuah grup idola (idol group) yang dibentuk oleh Produser sekaligus pencipta lagu yang sudah sangat terkenal di Jepang, Akimoto Yasushi. Akimoto adalah produser dari 48 family yang beranggotakan grup idola AKB48 (Akihabara, Tokyo), NMB48 (Namba, Osaka), SKE48 (Sakae, Nagoya), HKT48 (Hakata, Fukuoka), sister group pertama di luar Jepang yaitu JKT48 (Jakarta, Indonesia) dan yang kedua adalah SNH48 (Shanghai, Cina). Seluruh anggota 48 family berbasis idol group.

Apakah idol group itu?

Idol group adalah konsep seperti sebuah Akademi Keartisan. Setiap anggota yang berhasil lolos audisi yang ketat akan dididik untuk menjadi seorang idola yang multi talenta. Tak hanya menyanyi dan menari, namun juga akting, public speaking, membawakan acara, dan sebagainya. Seperti layaknya sebuah Akademi, 48 family juga mengenal istilah graduate (lulus). Lulusnya seorang anggota idol group dari 48 family ditentukan oleh Akimoto sendiri, apakah sudah layak diluluskan atau tidak, atau bisa saja dari keputusan si anggota tersebut, misalnya ingin fokus ke pendidikan atau ingin melanjutkan sebagai penyanyi solo. Graduate juga bisa diterapkan kepada seorang anggota yang melanggar golden rules dari 48 family (tentunya diluluskan secara tidak hormat). Golden Rules dari 48 family adalah :
  1. Dilarang merokok dan minum-minum
  2. Dilarang berpacaran
  3. Dilarang ke diskotik
  4. Jika bepergian harus didampingi pengawal/wali
  5. Tidak boleh membubuhkan tanda tangan di sembarang tempat (kecuali di merchandise resmi 48 family)
  6. Pendidikan tetap yang utama
  7. Dilarang memakai pakaian yang mencolok dan make up tebal
Graduate/lulusnya seorang anggota idol group 48 family juga disambut dengan Upacara Kelulusan yang diikuti seluruh anggota idol group tersebut, dan anggota yang lulus juga mendapat sertifikat kelulusan dari Akademi 48 family, yang menandakan ia telah siap untuk menapaki karir sendiri tanpa embel-embel 48 family.

Konsep ini jelas berbeda dengan Boyband/Girlband pada umumnya, yang dilatih hanya untuk menyanyi dan menari, merilis album, dan menghibur lewat tarian dan nyanyian. Menjadi bintang iklan dan akting di sebuah film/sinetron bagi mereka hanyalah aji mumpung setelah mereka terkenal, berbeda dengan anggota idol group yang memang dibentuk untuk menjadi seorang multi talenta.

Boyband/girlband sebenarnya adalah pemahaman yang salah dari penikmat musik Indonesia. Di negara kita, sekumpulan gadis cantik atau pemuda tampan yang membentuk grup musik dan bernyanyi bersama pasti disebut boyband atau girlband. Istilah ini datang dari barat atau western sejak tahun 90-an, karena saat itu sedang demam boyband asal dunia barat, sebut saja Westlife, Backstreet Boys, N'sync, dan lain-lain. Sekarang setelah bertahun-tahun dunia boyband/girlband sempat meredup, Indonesia mulai demam boyband/girlband lagi dengan Negeri Ginseng alias Korea Selatan sebagai kiblatnya. Girlband/boyband yang mengikuti konsep "mentah" dari idola-idola Korea pun menjamur, dan mereka bangga disebut Boyband dan Girlband. Padahal itu adalah kesalahmpahaman yang sangat fatal

Mengapa? Karena pada dasarnya semua grup musik dance di Asia tidak pernah ada sejarahnya disebut boyband/girlband, baik anggotanya pria atau wanita, sebutan grup musik dance di Asia adalah idol group. Idol group dan boyband/girlband (dalam hal ini tentu saja yang ada di dunia barat sana) beda secara konsep, selain yang telah dijelaskan di atas, perbedaan idol group dan boyband/girlband juga terdapat dalam gerakan dancenya. Gerakan tarian idol group lebih rumit dan atraktif, beda dengan boyband/girlband barat yang jarang melakukan tarian, bahkan lebih sering hanya display (pengaturan posisi) saja.

JKT48 pun muncul sebagai pemugar industri musik Indonesia, dengan berusaha memperkenalkan konsep grup musik dance khas Asia yaitu idol group. Ini terlihat jelas dengan selalu membantahnya member JKT48 jika disebut girlband, dan selalu menegaskan mereka adalah idol group. Secara tidak langsung pernyataan mereka sedikit menyindir boyband/girlband lokal dan juga masyarakat yang masih salah paham dengan sebutan boyband/girlband.

Bisa dibilang, sebelum JKT48 berdiri, Indonesia belum punya konsep grup musik dance yang jelas, yang ada hanya grup musik yang ikut-ikutan konsep Korea Selatan dan bangga disebut boyband/girlband, padahal musisi kebanggaan mereka (dan juga pecinta Korea di Indonesia) seperti Super Junior, SNSD, Big Bang, dll di negara asalnya disebut Idol Group juga.

Perbedaan mendasar lainnya adalah sistem tim. Idol Group memiliki sistem tim, untuk 48 family tiap grup dibagi menjadi 3 tim dengan nama sesuai dengan tiga huruf yang membentuk nama grup mereka, misalnya SKE48 dibagi menjadi tim S, tim K, dan tim E. Member yang belum bisa masuk tim akan dimasukkan ke dalam tim kenkyuusei (pelatihan). Tiap tim mempunyai center (seorang member yang tampil di depan saat perform) dan kapten, juga kapten pusat yang memimpin keseluruhan dari 3 tim tersebut. Saat ini, JKT48 sudah memiliki dua tim yaitu tim J yang terdiri dari 23 member generasi pertama dan tim KIII yang terdiri dari 17 member generasi kedua (formasi lengkapnya akan dijelaskan nanti)

Karena anggota grup idola 48 family sangat banyak, maka di 48 family dikenal istilah senbatsu election, yaitu pemilihan member yang berhak untuk sering tampil di publik, baik itu video klip, performance, dan sebagainya. Pemilihan tersebut dilakukan oleh fans, dengan syarat membeli CD singel/album orisinal.

Satu lagi perbedaan idol group asal Jepang dan Korea Selatan. Idol group Korea, setelah dilakukan audisi, mereka akan ditempa dengan latihan dan persiapan selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun sebelum akhirnya siap tampil di industri musik, sehingga masing-masing anggotanya sudah dituntut untuk ahli dan matang sejak pertama kali tampil. Idol Group Jepang berbeda, setelah audisi dan terbentuk sebuah grup idola, tidak lama kemudian mereka akan melakukan debut. Mereka akan menghibur sambil belajar, sehingga para fans bisa melihat perkembangan mereka, dari tidak mahir menjadi mahir, dari malu-malu hingga bisa percaya diri. Semakin berkembang mereka, fans akan semakin banyak. Inilah konsep dari 48 family, tumbuh dan berkembang bersama fans

Akimoto membentuk AKB48 yang berbasis di Akihabara, Tokyo, Desember 2005 silam.

Akimoto Yasushi

Dengan konsep idol you can meet everyday (idola yang dapat kau temui setiap hari), AKB48 tampil hampir setiap hari di sebuah teater yang disebut AKB48 Gekijou di distrik Akihabara. Perjuangan AKB48 di awal karir sangatlah berat, mereka harus menyebar brosur untuk mengundang orang-orang agar mau menonton penampilan mereka di AKB48 Gekijou, dan mereka harus bersabar ketika brosur yang mereka sebarkan dibuang begitu saja di depan mereka, dan mereka harus menerima ketika hanya beberapa penonton saja yang menyaksikan penampilan mereka. Namun dengan latihan keras, mental yang terus terasah lewat penampilan hari ke hari di teater mereka, mereka bisa membuat hits single dan album-album yang total penjualannya mencapai dua puluh juta kopi lebih, dan menjadi terkenal di seluruh Asia bahkan dunia hingga saat ini.

Setelah AKB48 sukses, Akimoto membuat sisters group dari AKB48, yaitu NMB48, SKE48, dan HKT48. Ketiga grup idola ini tetap mengadaptasi konsep dari 48 family, yaitu dengan tampil di teater mereka masing-masing hampir setiap hari, menelurkan hits single dan album, dan diharapkan mengikuti kesuksesan dari AKB48.

JKT48 sendiri terbentuk berawal dari pengumuman yang dilakukan di sebuah event AKB48 di Prefektur Chiba, 11 September 2011. Akimoto menyebut JKT48 sebagai "first overseas project of 48 family" (Proyek 48 family pertama di luar Jepang). Audisi pun dilakukan juga pada bulan tersebut, diikuti oleh sekitar 1.200 peserta, dan melahirkan para finalis yang diseleksi lagi pada Audisi final 8-9 Oktober 2011, dan akhirnya terpilih 28 orang sebagai anggota JKT48 generasi pertama (tujuh orang mengundurkan diri). Ke dua puluh satu anggota generasi pertama JKT48 adalah :
  1. Melody Nurramdani Laksani
  2. Shania Junianatha
  3. Ayana Shahab
  4. Rena Nozawa
  5. Sonia Natalia
  6. Rezky Wiranti Dhike
  7. Ghaida Farisya
  8. Sendy Ariani
  9. Jessica Vania Widjaja
  10. Jessica Veranda Tanumihardja
  11. Nabilah Ratna Ayu Azalia
  12. Delima Rizky
  13. Frieska Anastasia Laksani
  14. Beby Chaesara Anadila
  15. Gabriela Margareth Warouw
  16. Rica Leyona
  17. Devi Kinal Putri
Sedangkan tujuh anggota yang mengundurkan diri/graduate adalah Intania Pratama Ilham, Siti Gayatri, Fahira Al Idrus, Allisa Astri, Cleopatra Djapri, Neneng Rosdiana, Allisa Galliamova, Stella Cornelia, Sonya Pandarmawan, Diasta Priswarini dan Cindy Gulla (untuk mengetahui mengapa mereka memutuskan untuk graduate klik disini)

JKT48
Member JKT48 generasi pertama (tim J)

Setelah diperkenalkan pertama kali pada 2 November 2011, JKT48 telah membuat banyak gebrakan, seperti menjadi duta promosi pariwisata yang dilakukan Garuda Indonesia di Bandara Narita, Jepang; membuat Video Clip Heavy Rotation (belum resmi ditayangkan di televisi namun sudah bisa ditonton via Youtube), debut tampil di TV nasional tanggal 17 Desember 2011 di acara 100% Ampuh Global TV, hingga lima kali konser di Jepang bersama sister group mereka, pertama kali di Kouhaku Uta Gassen Desember 2011, yang kedua di Saitama Super Arena 23-25 Maret 2012, ketiga adalah konser AKB48 no Yume 1830 m Tokyo Dome, 24-26 Agustus 2012, keempat di AKB Kouhaku Taikou Uta Gassen 2012 pada tanggal 17 Desember 2012, bertepatan dengan ulang tahun JKT48 yang pertama; dan yang kelima konser bersama 48 family di Nippon Budoukan, 28 April 2013

JKT48 juga telah membintangi sejumlah iklan televisi komersial, diawali dari iklan Pocari Sweat yang membuat mereka banyak dikenal orang, lalu diikuti iklan Rakuten (Situs jual beli online), Yamaha Mio J, Laurier, Biore, Pocky, New Honda Brio, Oxy, Lip Ice, Charm dan IM3. Mulai 15 April 2012 JKT48 juga memiliki acara televisi sendiri, yaitu JKT48 School yang tayang di Global TV (acara ini sudah tamat 3 Juni 2012 lalu, untuk menonton semua episodenya silakan klik disini). JKT48 kini mempunyai dua acara sendiri yaitu JKT48 Story dan JKT48 Missions

Sejumlah gebrakan diatas membuat JKT48 menjadi fenomena. Dalam waktu hanya dua tahun, JKT48 sudah mempunyai 79 lagu, delapan belas diantaranya adalah yaitu Heavy Rotation, Aitakatta, Kimi no Koto ga Suki Dakara, Ponytail to Shushu, Baby! Baby! Baby!, Gomen ne, Summer, Namida Surprise, RIVER, Sakura no Shiori, 1! 2! 3! 4! Yoroshiku!, Fortune Cookie in Love, Fortune Cookie in Love (English Version), First Rabbit, Baby! Baby! Baby! Passionate Prayer Version, Manatsu no Sounds Good, Summer Love Sounds Good, Kimi to Boku no Kankei, dan satu lagu yang judulnya sama dengan grupnya, JKT48. Sedangkan 61 lagu lainnya adalah lagu yang mereka nyanyikan di teater, yaitu setlist Pajama Drive sebanyak 16 lagu (pementasannya sudah berakhir), Renai Kinshi Jourei sebanyak 16 lagu (pementasannya sudah berakhir), Boku no Taiyou sebanyak 16 lagu dan Dareka no Tame ni sebanyak 13 lagu.

Konsep teater JKT48 pada awalnya juga bersifat temporer (sementara). Mereka mementaskan teater 4 kali dalam sebulan di lokasi sewaan yang berpindah-pindah. Teater pertama bulan Mei 2012 di Nyi Ageng Serang, Kuningan, dan teater bulan Juni & Juli di Pasaraya Grande, Blok M. Kini, JKT48 sudah punya teater sendiri di f(X) Lifestyle X'enter lantai 4, Senayan, Jakarta Selatan, yang mulai dibuka tanggal 8 September 2012. Dengan adanya gedung teater ini, JKT48 menjadi musisi pop pertama dan satu-satunya di Indonesia yang punya gedung pertunjukan sendiri. Diharapkan dengan tampil rutin di teater mereka sendiri, JKT48 bisa lebih berkembang, mengikuti kesuksesan kakaknya yaitu AKB48

Pada 3 November 2012, atau sehari setelah satu tahun terbentuknya generasi pertama JKT48, generasi kedua JKT48 terbentuk. Sejak 13 Agustus 2012, pendaftaran untuk generasi kedua JKT48 dibuka hingga 31 Agustus 2012, dan menampung 4.500 pelamar, hampir 4 kali lipat dari pelamar generasi pertama JKT48. Setelah melakukan berbagai seleksi dan audisi, akhirnya 31 finalis mengikuti audisi final di Tokyo pada 3 November 2012 di depan produser 48 family, Akimoto Yasushi, dan beberapa pihak AKS lainnya, dan yang mengejutkan adalah 31 finalis ini semuanya lolos menjadi member generasi kedua JKT48! Sayangnya sebelum debut, Althea Calista dan Nurhalima Oktavianti mengundurkan diri. Olivia Robberecht juga mengundurkan diri 3 bulan setelah debut karena masalah kesehatan. Dua member juga lulus bersamaan September 2013 karena melanggar peraturan grup yaitu Intar Putri Kariina dan Annisa Athia. Di November 2013, dua member generasi dua lulus bersamaan yaitu Nadhifa Karimah dan Dellia Erdita. Dan di Januari 2014, Octi Sevpin juga menyusul lulus

Berikut 26 member generasi kedua JKT48
  1. Alicia Chanzia
  2. Cindy Yuvia
  3. Della Delila
  4. Dena Siti Rohyati
  5. Dwi Putri Bonita
  6. Fakhriyani Shafariyanti
  7. Jennifer Hanna
  8. Jennifer Rachel Natasya
  9. Lidya Maulida Djuhandar
  10. Nadila Cindi Wantari
  11. Natalia
  12. Noella Sisterina
  13. Novintha Dhini
  14. Priscillia Sari Dewi
  15. Ratu Vienny Fitrilya
  16. Riskha Fairunissa
  17. Rona Anggraeni
  18. Saktia Oktapyani
  19. Shinta Naomi
  20. Sinka Juliani
  21. Thalia
  22. Thalia Ivanka Elizabeth
  23. Viviyona Apriani

JKT48
Member JKT48 generasi kedua

Mulai 1 November 2012, JKT48 juga mendapatkan kehormatan yaitu ditransfernya dua member AKB48 ke JKT48, yaitu Aki Takajo (Akicha) dan Haruka Nakagawa (Haruka). Dua "kakak kelas" ini memutuskan pindah ke JKT48 karena ingin mendapat tantangan baru dan mengembangkan potensi diri. Kejutan ini sudah dimulai sejak pengumuman yang mencengangkan di konser AKB48 no Yume 1830 m di Tokyo Dome, 24 Agustus 2012. Saat itu Togasaki Tomonobu, manajer teater AKB48, mengumumkan perombakan tim besar-besaran dalam tubuh 48 family, dan ternyata Akicha dan Harusan termasuk dalam perombakan ini. Setelah melakukan berbagai persiapan, termasuk tentunya belajar bahasa Indonesia, tanggal 1 November 2012 Akicha dan Harusan resmi menjadi member JKT48. Program study abroad ini berlangsung antara 6 bulan - 1 tahun.

JKT48
Profil Aki Takajo dan Haruka Nakagawa

Prestasi JKT48

JKT48

Tim J dan tim KIII
Dari 42 member ini, 35 member telah dinyatakan menanggalkan status kenkyuusei dan tergabung dalam tim J yang terbentuk tanggal 23 Desember 2012 dan tim KIII yang terbentuk tanggal 25 Juni 2013. Member yang tergabung dalam tim J adalah seluruh 17 member generasi pertama yang telah disebutkan sebelumnya, ditambah Aki Takajo dan Haruka Nakagawa. Kapten tim J adalah Devi Kinal Putri. Sedangkan tim KIII terdiri dari :

- Alicia Chanzia
- Cindy Yuvia
- Della Delila
- Dwi Putri Bonita
- Jennifer Hanna
- Lidya Maulida Djuhandar
- Nadila Cindi Wantari
- Natalia
- Noella Sisterina
- Ratu Vienny Fitrilya
- Riskha Fairunissa
- Rona Anggreani
- Shinta Naomi (Captain)
- Sinka Juliani
- Thalia
- Viviyona Apriani


Adapun member lainnya masih berstatus kenkyuusei (member pelatihan)

Tentunya harapan besar ada di pundak seluruh elemen JKT48, untuk menjadikan proyek pertama 48 family di luar Jepang ini sukses. Para fans sudah tidak meragukan lagi manajemen 48 family yang begitu profesional, dan bukan tidak mungkin JKT48 akan terkenal di seluruh dunia.

Teman-teman fans juga bisa menonton JKT48 Video Profile yang dibuat oleh penulis berikut ini. Walaupun Fanmade (bukan official), video ini cukup lengkap dalam memperkenalkan dan menjelaskan JKT48. Selamat menonton :)



53 komentar:

  1. Hebat min..
    met ngeblog :))

    BalasHapus
  2. Akhirnya nemu juga blog kayak gini .. numpang jelajah min siapa tau dapet info laen tentang JKT48 .. hehe :D

    BalasHapus
  3. Emang udah salut sih ama AKB48, dulu pernah baca dimana gitu kerja keras mereka gw acungin jempol, ke depannya gw berharap semoga jgn kek yg lain cuman maen di koreo dan lipsync yah, be humble and keep up the good work! :)

    BalasHapus
  4. mantap min.. sarat informasi bangget yah , makasih banyak min, salam melody

    BalasHapus
  5. min ane ijin ngeshare di FB ya Watashi ga ataeru koto ga dekiru? onegaishimasu :D

    BalasHapus
  6. sayang gak bisa di co pas gan...
    mau buat artikel di mading malah...
    sorry gan...

    BalasHapus
  7. Wow lengkap banget gan, makasih infonya

    BalasHapus
  8. infonya tentang JKT48 lengkap bgt . . Ijin copas boleh gak min?. .

    BalasHapus
  9. JKT48 ada generasi ketiga gak min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah pasti ada sist :) AKB48 aja udah sampe generasi 14 kalo gasalah, so? kenapa JKT48 engga? jadi udah pasti bakalan ada generasinya terus sist ;)

      Hapus
  10. Arigatou infonyaa ! i love 48Family

    BalasHapus
  11. admin itu rulesnya tertuju buat siapa,maklum kepo.

    BalasHapus
  12. joyfull kawaii try to be the best ..!!
    mumumumu :*

    BalasHapus
  13. pingin jadi member jkt48, tapi berkerudung . boleh nggak min ? :D
    hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh kalo lagi di kegiatan

      Hapus
    2. Hahahahah..
      Memang ada kendala tersendiri bagi gadis yang pada dasarnya berkerudung di kehidupan sehari-hari mau masuk JKT48, sama seperti saya :3

      Hapus
  14. Salut" bravo. Gw, jd lebih tambah ngerti JKT48 yang sesungguhnya

    BalasHapus
  15. Ane ud dr awal ud suka am jpop..pas ad Akb48...ane mkn suka...bgt ad Jkt48 tambah kuadrat sukany...trus yg bikin gw demen tuch...konsep dr Idol group it td...skdar + info..Akb48 itu masuk buku rekor Guinness...sbg group musik dgn anggota tbanyak didunia..Btw thx bgt info.nya...

    BalasHapus
  16. Bravo Jkt48..yg bikin gw demen am Akb48/Jkt48 adlh...konsep sbg Idol group...ini yg mbedakan dgn group musik dr korea...Sbg tambahan info aj..Akb48 masuk kdlm buku rekor GUINNESS... sbg group musik dgn anggota tbanyak...

    BalasHapus
  17. Go...go...go... JKT48 Truzzz sukses ya !!!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  18. siapa ya member center nya...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung senabtsu nya

      Hapus
  19. Hahaaa..
    Sukses aja buat JKT48 ya.
    walaupun Saya Kurang Ngefans sama JKT48..
    Yang Ngefans bener tu..
    Cewe Saya :D..
    Aneh Ya saya..
    Tapi Saya cuma Ngefans Sama Cewe Saya ^_^

    BalasHapus
  20. Ternyata berat juga menjadi idol grup :D
    Aku juga salah nyebut JKT48, Girlband JKT48 :/
    Kini aku tau, thank mimin buat infonya
    Gabatte untuk JKT48 Generasi 1 & 2

    BalasHapus
  21. waaaaaaaaah. kereeeeeeeeeen . jempol jempol jempol jempol,

    BalasHapus
  22. Kakak admin yang baik, boleh ga kalo gue copas?>.<
    Buat arsip aja sih. Sekalipun nanti nya gue re-post, pasti gue kasih full credit kok^^ Boleh ya min? pliss..

    BalasHapus
  23. lengkap banget min, sy jd tau lebih jelas tentang JKT48. tadinya juga ngira itu adl girlband.
    btw kok yang team K namanya KIII??? ngga K aja??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Team K itu uda punya AKB, trs KII punya SKE, nah makanya JKT dptnya KIII, ntar HKT dapetnya KIV

      Hapus
  24. Thanks yaa infonya, selamat nge-blog :) MANTAP !!!!!!

    BalasHapus
  25. kok ga dijelasin apa itu J K T ??
    Joyful, Kawai, Try....
    nah disitu ane masih bingung antara
    Try do the best / Try to be the best?

    BalasHapus
  26. ah gile bener infonya brmanfaat bgt, salah nih ya klo nyebut girlband di bumi asia.. Admin yg keren abis mau tanya, untuk 48 academy sndri knp cm wanita aja? Ga ada idolgrup pria nya gtu? Atau alasannya knapa..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang tau alasan itu cuma manajemen 48 group dan Mr. Akimoto sendiri, mungkin mereka menganggap wanita lebih komersil untuk dijadikan idol. Idol group pria di Jepang sendiri banyak kok, ada Hey Say Jump, Arashi, dll

      Hapus
  27. ijin share ya min

    BalasHapus
  28. saya salut dengan JKT48..kerja keras mereka..latihan tiap hari..good job..

    BalasHapus
  29. Bagus min penjelasannya. Alur paragraf dan bahasanya juga cukup bagus dibandingkan blog lain dengan bahasan yang sama.

    BalasHapus
  30. Ijin Copas Boleh??
    Visit My Blog : wildanblog21.blogspot.com

    BalasHapus
  31. makasih lengkap banget infonya. jadi tau itu toh ternyata bedanya idol group sma boy/girlband.
    sekarang emang lagi suka sama JKT48 hihi^^

    BalasHapus
  32. Girlband sama Idol Group cuma beda sebutan kok. Ga selalu tarian Idol Group lebih rumit. Dan ga selalu Girlband cuma mentingin display, Idol Group juga gitu kok. Intinya cuma beda sebutan

    BalasHapus
  33. Pramesti Regita6 Januari 2014 19.27

    Hebat banget blognya
    Mksh atas infonya...

    BalasHapus
  34. Saya termasuk penggemarnya 48 Family, tapi cenderung ke AKB48 dan SKE48, atau mungkin cenderung ke 'versi asli Jepang' dari 48 Family sendiri. ^^

    Etto.. Saya menulis komentar ini karena ada satu hal yang mengganjal bagi saya setelah membacanya. Menurut saya artikelnya sudah bagus, akan tetapi saya agak kurang setuju dari pembahasan "Idol Group" dan "Girlband" karena menurut saya, sebenarnya Idol Group dan Girlband sebenarnya sama saja dan hanya berbeda pada nama saja tergantung daerahnya :)

    Boleh kunjungan balik?
    miyoko-san.blogspot.com

    Sekian, arigatou gozaimasu atas informasinya
    Ayo sama-sama berjuang untuk membangun blog! ^^

    BalasHapus
  35. ijin sedot brayy..thanks before n after..

    BalasHapus
  36. keren nih blog... Thanks atas infonya :)

    BalasHapus
  37. Love JKT48?
    Love Haruka Nakagawa (Harusan, Harugon), Aki Takajo (Akicha) and Nabilah Ratna Ayu

    BalasHapus

Fans yang baik akan selalu berkomentar dengan baik :)
Kalau gak punya akun Gmail, pilih aja Name/url, terus isi dengan nama dan alamat facebook/twitter kalian...
Silakan berkomentar :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...