JKT48 Adalah ANOMALI

JKT48

JKT48 sudah mewarnai belantika musik Indonesia hingga kurang lebih setahun. Bisa dibilang JKT48 adalah fenomena di belantika musik Indonesia, karena setahun setelah berdiri, JKT48 telah membius penikmat musik Indonesia dengan menawarkan penampilan musik yang berbeda, segar, dan tidak menjemukan mata.

Bahkan jika diteliti, JKT48 tidak hanya berbeda, tetapi JKT48 adalah sebuah anomali

Apakah itu anomali? Anomali berarti tidak wajar, melawan dari keteraturan dan ketentuan. Yang saya maksud, JKT48 adalah anomali di industri musik Indonesia. Mengapa saya bisa bilang kalau JKT48 adalah ketidakwajaran dalam industri musik kita? Berikut beberapa alasannya :

1. JKT48 sudah mengadakan konser di saat mereka belum punya album
Tentu kita masih terkenang akan Mega Konser JKT48 pertengahan Juli lalu. Mereka membawakan 10 lagu yang terdengar segar di telinga penikmat musik tanah air. Namun ada yang tidak wajar dalam konser ini, karena konser ini diselenggarakan sebelum JKT48 punya album. Jelas hal ini adalah sebuah anomali di industri musik kita. Dalam industri musik Indonesia, musisi yang mengadakan konser pastilah musisi yang telah menelurkan album yang sukses di pasaran. Jika ada orang awam yang menonton konser ini, mereka mungkin bertanya-tanya dalam hati, "mengapa JKT48 sudah punya 10 lagu yang dibawakan di televisi tapi albumnya belum ada? Apakah lagu-lagu itu hanya dibawakan di konser khusus saja?"
Tentu dengan asumsi bahwa orang awam itu tidak tahu kalau 5 dari 10 lagu itu adalah lagu teater JKT48. Namun terlepas dari anggapan apapun tentang konser itu, mengadakan konser sebelum punya album adalah anomali di industri musik Indonesia.

2. JKT48 sudah punya 79 lagu setelah dua tahun berdiri
Ya, coba anda hitung sendiri lagu-lagu JKT48 yang pernah dibawakan ke publik, baik di televisi, off air event, maupun di teaternya. Dalam waktu setahun setelah berdiri, JKT48 sudah mempunyai 18 cover single, 16 lagu setlist Pajama Drive (sudah berakhir pentasnya), 16 lagu setlist renai Kinshi Jourei (sudah berakhir pentasnya), 16 lagu setlist Boku no Taiyou dan 13 lagu setlist Dareka no Tame ni yang mereka bawakan di teater.
Oke, memang semua lagu itu bukanlah lagu JKT48 sendiri, melainkan masih cover dari lagu-lagu kakaknya yaitu AKB48. Namun di industri musik kita, tetap saja hal ini adalah suatu anomali. Musisi lokal mana yang bisa menelurkan 79 lagu hanya dalam waktu setahun lebih? Salah satu musisi didikan Republik Cinta saja, yang di awal karirnya juga mengcover lagu-lagu hits Ahmad Dhani di albumnya, hanya memiliki 10 lagu cover.

3. JKT48 adalah musisi pertama dan (masih) satu-satunya di Indonesia yang memiliki pertunjukan teater dan memiliki gedung pertunjukan (alias teater) sendiri
Buat kita para fans JKT48 tentu hal ini bukanlah hal aneh lagi, karena teater adalah ciri khas 48 family sekaligus aplikasi dasar dari konsep "idol you can meet" yang dicanangkan Mr. Yasushi Akimoto. Namun bagaimana dengan industri musik Indonesia? Tentu saja hal ini adalah sebuah anomali. Bisa dibilang baru JKT48 saja yang menawarkan konsep pertunjukan teater dalam eksistensi mereka dalam dunia musik dan hiburan di Indonesia. Terlebih lagi, JKT48 sudah memiliki teater sendiri, yang bisa dibilang gedung pertunjukan sendiri. Sekali lagi, musisi Indonesia mana yang punya gedung pertunjukan sendiri? Jadi jelas hal ini adalah suatu hal yang "berbeda" dalam industri musik kita.

4. JKT48 adalah musisi Indonesia dengan jumlah anggota di luar kewajaran
Mau tidak mau, suka tidak suka, kita harus mengakui kalau jumlah 42 anggota di bawah satu nama bendera musisi yaitu JKT48 adalah suatu anomali di belantika musik Indonesia. Musisi Indonesia mana yang jumlah personil atau anggotanya sampai 42 orang? Mungkin jika orang awam tahu kalau suatu saat JKT48 akan mengadakan audisi lagi untuk menambah jumlah anggota (tanpa tahu konsep teater JKT48) maka orang itu menganggap JKT48 adalah musisi dengan konsep yang "gila". Mungkin suatu saat JKT48 akan mendapatkan rekor MURI sebagai musisi dengan anggota terbanyak.

5. JKT48 adalah musisi indie yang berhasil menjadi fenomena di belantika musik Indonesia
Mungkin ada beberapa dari teman-teman pembaca yang baru tahu kalau JKT48 masih indie? Ya, JKT48 memang belum bekerja sama dengan label mana pun, karena memang belum menelurkan penjualan fisik untuk karya mereka, meskipun kemungkinan besar suatu saat JKT48 akan bekerja sama dengan suatu label. Jika teman-teman adalah pemerhati musik Indonesia, tentu ada rasa heran setelah mengetahui hal ini. Mengapa musisi indie bisa begitu terkenal dan dibicarakan banyak orang serta memiliki banyak fans dalam waktu singkat? Lagi-lagi ini adalah sebuah anomali. Musisi indie di Indonesia bisa dibilang hampir tidak ada yang fenomenal, hanya disukai oleh minoritas penikmat musik tanah air. Namun buat kita para fans JKT48 yang sudah tahu bagaimana taktik pemasaran Mr. Yashushi Akimoto untuk JKT48, hal ini bukan lagi menjadi hal yang "aneh".

Update : Kini JKT48 akan bekerja sama dengan Hits Record untuk penjualan album perdana mereka, jadi JKT48 sudah tidak indie lagi

6. JKT48 adalah musisi Indonesia pertama yang mempunyai fans yang memperkenalkan chant mix
Adakah teman-teman yang menjadi fans JKT48 karena kagum dengan semangat para fansnya? Ya, sebagai bagian dari 48 family, tentu saja JKT48 mempunyai ciri khas yang diteriakkan para fansnya saat tampil, yaitu chant mix. Teriakkan penyemangat dari fans di sela-sela penampilan JKT48 ini juga menjadi sebuah anomali di industri musik Indonesia. Sebelum JKT48, adakah musisi Indonesia yang punya chant mix? Chant mix JKT48 adalah sebuah anomali industri musik Indonesia, karena biasanya jika suatu musisi tampil di atas panggung penonton cukup menikmati penampilan sang idola, mungkin sesekali meneriakkan namanya, atau bahkan mengikuti alunan musik dengan goyangan "cuci jemur setrika". Bisa dibilang chant mix JKT48 adalah anomali yang menjadi penyegar bagi penikmat musik tanah air yang jemu dengan pakem penonton alay dan "berbayar"

7. JKT48 adalah grup musisi wanita yang fansnya sebagian besar laki-laki dan berhasil menaklukkan hati para metalhead
Tentu teman-teman sudah tahu tentunya kalau fans JKT48 dominan laki-laki. Hal ini juga menjadi sebuah anomali di industri musik kita, karena belum ada musisi grup wanita mana pun di Indonesia yang jumlah fans laki-lakinya mendominasi dengan sangat gamblang seperti fans JKT48.
Dan di antara fans-fans pria itu, cukup banyak para pria metal yang menjadi fans JKT48. Mungkin buat teman-teman yang baru mengetahui hal ini akan sedikit geli hatinya, tapi memang begitulah kenyataannya. Hanya JKT48 grup musisi wanita Indonesia yang berhasil menaklukkan hati para pria penikmat atau bahkan pemain musik metal. Para lelaki yang biasanya tampil garang dengan selera musik yang jauh di atas normal ini, tiba-tiba menjadi fans yang ramah ketika menonton JKT48 langsung.
Bandingkan dengan "girlband" lokal (saya beri tanda kutip karena memang konsep mereka tidak jelas, hanya ikut-ikutan tanpa tahu kalau yang mereka ikuti adalah idol group), musisi metal kebanyakan pasti mau "muntah" melihat penampilan mereka.
Mengapa bisa seperti itu? Bukankah mereka grup musik wanita juga?
Ada banyak faktor yang melatarbelakangi hal ini. Saya pernah berdiskusi tentang hal ini di grup JKT48 no Fansu! dimana saya menjadi salah satu adminnya. Beberapa kesimpulan yang saya dapat adalah : JKT48 bergenre Jpop, dimana genre Jpop sudah terdengar tidak asing lagi di telinga para metalhead karena distorsi dan progresi gitar dan bassnya begitu skillfull; JKT48 mempunyai packaging yang menarik, cute, dan gaya yang tidak dibuat-buat, sehingga orang dengan selera musik sekeras apapun akan menjadi baik di hadapan mereka, dan; JKT48 dan musik metal sama-sama memiliki chemistry antara fans dan idolanya, kalau musik metal ada moshing dan surfing, JKT48 ada chant mix dan juga beberapa fan service lainnya (biasanya di teater) misalnya kontak candaan dengan para member di panggung dan sesi handshake

8. JKT48 mengadakan konser di tahun pertama dan kedua mereka berdiri, dan ditonton ribuan orang
JKT48 berulang tahun yang pertama pada 17 Desember 2012, dan enam hari setelahnya mereka mengadakan mini konser untuk merayakan ulang tahun JKT48 bersama fans di Hall B Gedung Basket Senayan, Jakarta Selatan. Pemberitahuannya mendadak, satu hari sebelum konser. Namun apa yang terjadi di hari H? Ternyata konser dengan tiket masuk Rp 25.000 itu penuh sesak, 700 penonton di tribun dan 800 penonton di lapangan (penonton berdiri) memadati venue. Itu pun masih ada banyak fans yang tidak bisa masuk karena kapasitas gedung sudah penuh, sehingga manajemen JKT48 memberikan kebijakan konser diadakan dua sesi, sesi kedua dilaksanakan setelah konser sesi pertama selesai. Dan hasilnya konser sesi kedua dihadiri sekitar 1.000 penonton. Untuk melihat laporan lengkapnya silakan klik disini

Di tahun kedua, tepatnya di tanggal 3-4 Juli 2013 dan 21 Desember 2013, JKT48 mengadakan konser dua kali. Pada tanggal 3-4 Juli 2013 di Tennis Indoor Senayan (kapasitas 3.300 orang), JKT48 mengadakan 3 show konser bertajuk Perkenalkan, Nama Kami JKT48. Sedangkan di tanggal 21 Desember 2013, JKT48 mengadakan konser 2 show di Jakarta Convention Center (Kapasitas 5.000 orang) bertajuk JKT48 2nd Anniversary : Performing All Out, Terima Kasih Telah Menjadi Temanku. Harga tiketnya bervariasi sekitar Rp 55.000 - Rp 385.000

Jika dihitung, mereka ditonton hampir 10.000 orang di masing-masing konser tersebut. Untuk ukuran musisi Indonesia, jelas hal ini adalah anomali. Jarang sekali ada musisi lokal yang baru berumur dua tahun tapi sudah bisa menyelenggarakan konser dengan dihadiri oleh ribuan fansnya. Apalagi untuk kasus JKT48 ini, konser dipersiapkan mendadak, namun tetap sukses besar. Bagaimana jika konser ini sudah dipersiapkan dengan matang dan diberitahukan jauh-jauh hari?

Sejauh ini JKT48 memiliki sejumlah anomali yang justru menjadi sesuatu yang segar untuk industri musik kita. Semoga saja bendera JKT48 terus berkibar dan menjadi salah satu musisi terbaik dan tersukses di Asia, amin...

52 komentar:

  1. -URL-nya ane isi site blog ini, ga pa-pa kan?- Menurut saya ga cuma fenomenal, tapi juga inovatif untuk dunia hiburan Indonesia. Chant MIX yang pertama bikin saya penasaran pas liat fancam launch PV di YT. Yang no. 7 itu sangat beralasan banget. Secara, JPop & Headbanger dalam segi musik mereka punya kesamaan, sama-sama masih menggunakan instrumen musik asli, dan skill dari masing-masing instrumen antara 2 genre tadi juga selevel. Itulah kenapa Headbanger juga gampang tertarik dengan genre ini. Sugoi! Ganbatte buat JKT48 & semua yang berelasi ama JKT48. Tulisan admin, sugoi.. Lanjutkan!

    BalasHapus
  2. Nice articel n info..
    Thanks..

    BalasHapus
  3. Hahahaha setuju ama yg no 7, jujur saya lebih terbiasa ngdenger musik luar dan indie indonesia kyk alter brigde, the sigit, iron maiden, brandals, sarasvati dll, malah jrng ngdenger musik indonesia yg sering muncul ditivi pagi2, tp pas ngliat jkt48 di tv dan youtube saya malah suka hahahahaha padahal saya gk suka gb ato bb gtu yg ngdance, mlah tertarik dgn idol grup ini, aneh, bner kta admin anomali dan menghipnotis......

    BalasHapus
  4. Wah pas banget, saya juga orang metalhead !

    Gak nyesel deh ngefans JKT48..
    Ganbatte !!

    BalasHapus
  5. Sama,...yg no.7 emang tepat sekali analisa nya.saya sdh dari tahun 96 bawain musik2 punk,hardcore,crustcore mulai dari the business,cock sparrer (yg lagunya di bajak sama trio macan jd iw.. pe..k,..kampreet!!)terror ,sham 69,motorhead,sick of it all,madball dll,dan peduli setan sama band2 karbitan dan grup vokal gemulai lainnya,..tapi semua berubah pas denger hebirot,dan dari situ saya mencari tau ttg JKT48 dan 48 family,dan tambah kaget pas tau klo Ghaida fans beratnya BurgerKill,dan secara alami otak saya langsung memasukkan JKT48 kedalam memory otak saya,..so,..skrg para bidadari itu telah "berteman" dng pemusik2 rusuh didalam otak saya,.... :)....CHEEEEEEEEEEEEEERRSS!!!!!!!!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti Take Em' All nya Cock Sparrer yg dibajak Tr*o M*c*n :p

      Hapus
    2. hehehe,..iye masbro,..sampeyan demen OI juga ya? :)

      Hapus
    3. Ane Anti Squad Bro Sick-o,...(if u know what i mean :D )

      Hapus
  6. Wlau q cewek tp q jg suka bnget ma Jkt48. .
    .semua zg berbau jepang q suka. .
    .ganbate JKT48. .mga cpt punya album. .

    BalasHapus
  7. yg nomer 7 bener banget.
    sampe2 ada dance cover yg dibawain anak2 band metal XD
    gw sendiri sedikit banyak suka lagu2 rock & metal, denger musik JKT/AKB 48 pas banget di kuping. dari rithm, bass, drum, sampe solo gitar, it's perfect :D
    ada bagian2 musik tertentu yang musiknya emang keras tapi jadi lembut lagi, jadi tidak bosen didengerin... what a nice composition!

    JKT48 emang sesuatu banget...!

    BalasHapus
  8. Nice artikel.. baru liat blog ini berdasar link dari FB Official.. salah satu blog yg sangat baik dalam menjelasakan JKT48.. tetap semangat ^^

    BalasHapus
  9. no.7 memang benar
    Saya juga menghimbau kepada Fans atau penggemar JKT48.. karena anomali jumlah member JKT48...
    " UNTUK MEMBELI SWAG/Merchandise dan nantinya CD/DVD yang ORIGINAL! "
    dan tentunya disesuaikan kantong kalian..ga usah memaksakan, menabung dulu lebih bagus. Setiap kali tergoda untuk mengunduh atau membeli yang tidak original ingat lirik lagunya "impian ada di tengah peluh"

    BalasHapus
  10. Mas.. pernah ngulas tentang lipsync ga? Soalnya masih banyak yg sentimen dan tanya" soal lipsync. Klo bisa diulas..diharapkan membuka mata hati dan pikiran. Dan saya rasa blog ini mampu membuat tulisan yang lengkap. Saya punya blog dukung JKT48 tapi saya tidak pandai membuat deskripsi tulisan sebaik mas punya blog di sini. Pemikiran saya begini:
    1. Tidak ada pembuat acara mampu menyediakan secara live 16 channel mic.
    2. Permintaan pengusung acara yg mengharuskan.
    Di sisi yang lain kita sebagai fans (bukan maksud membela) menyadari betul bahwa:
    1. Para member kan memang sedang belajar. Bukankah kita sering menggadang-gadangkan idol group sebagai proses.
    2. Sister groupnya pun memang lipsync di acara" tertentu dan para penikmat musik di jepang sudah paham keadaannya.
    3. Theater yg live (walaupun ini masih banyak beda pendapat dan sy lom liat langsung)

    Ini sekedar bertukar pikiran..mohon yg ini tidak usah ditampilkan..:D dan tidak bermaksud memprovokasi agar mas menulisnya. Setiap blog punya karakter masing".

    Btw..sy pernah lihat tulisan tentang kesiapan calon member gen 2..kok udah ga ada lagi? dihapuskah? klo kita berpendapat kan boleh aja.

    sy udah follow twitter anda sy @crnlspps

    BalasHapus
  11. kalo bisa jkt48 langkah kedepannya.jangan terus mengcover lagu sisternya.malah akan buat jenuh.memang jkt48 adalah sister dari akb48.setidaknya sebagai adik jkt48 harus bisa membuat dirinya berbeda dibanding dengan sister2nya.buat sesuatu yang beda.apalagi jkt48 berasal dari negara yang berbeda.juga hapuskan yang namanya lipsync bukan kah realitas itu lebih nyaman kan.terima kasih.
    hidup terus jkt48

    BalasHapus
    Balasan
    1. masalah lagu karna memang member tdk diperbolehkan membuat lagu oleh Aki-P. Lagu2 48 family semuanya ciptaan Aki-P. CMIIW m(_ _)m

      Hapus
    2. sayang euy, harusnya punya lagu sendiri.

      Hapus
  12. yg no 7 tepat sekali..gw juga metalhead suka A7x,asking,BFMV dll..tapi setelah gw liat JKT48.akhirnya hati gw luluh juga :p

    GO JKT48!!!

    BalasHapus
  13. JKT48 adalah orang indonesia pertama yang bisa perform di TD

    BalasHapus
  14. thanks gan infonya...
    berharga banget... :)
    arigatou gonzaimasu...

    BalasHapus
  15. ane anak metalhead sob yang terluluhkan oleh mereka

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama bro, gw jga metalhead , tp knapa paz liat mereka tampil , gw malah tertarik ,hehehehe

      Hapus
  16. lagu akb yg ane anggep pas buat metalhead adalah "Beginer"

    BalasHapus
  17. Okeh,..bwt nomer tujuh ,impian gw udeh jadi kenyataan: pas acara HaiDay tgl 27 kemaren JKT48 perform satu stage bareng band2 metal!!!!!!!!!!! \m/

    BalasHapus
  18. Maiden, Priest, sabbath, dethklok, metallica, megadeth, metal church dll. Cemilan gw sehari2 tuh hehehe
    ternyata diluar sana juga ada banyak om2 gondrong yg nge-fans sama AKB/JKT48 euy hehehe
    I can't be the only one!

    BalasHapus
  19. Setuju sama no 7

    BalasHapus
  20. gan izin ngisi artikel nya di blog ane

    BalasHapus
  21. Saya kurang setuju kalau JKT48 di sebut musisi .
    Karena pada dasarnya yg dimaksud musisi itu adalah orang yg mampu menciptakan lagu, memainkan alat musik, dan menciptakan instrumen musik .
    Sedangkan JKT48 hanya bernyanyi dan menari diatas panggung, dan masih meng-cover lagu AKB48, tidak memainkan alat musik dan menciptakan lagu .
    Sorry sorry to say nehh ya, gak gampang alias susah buat dapetin titel "Musisi" itu lho .
    Nah, menurut saya JKT48 itu belum pantas di sebut musisi .
    Yang pantas di sebut musisi di Indonesia mungkin hanya sebagian orang, seperti Iwan Fals, Ahmad Dhani, Beby Romeo, Ariel NOAH, dll .
    Ini bukan menghina kok, cuma memberi masukan .
    Sukses selalu buat JKT48 .
    TQ ...

    BalasHapus
  22. Ane udah sarapan musik rock dan heavy metal sejak 18 tahun lalu. Black Sabbath, Rainbow, Judas Priest, Megadeth, Sepultura, Slayer, Anthrax, Annihilator, dlsb udah jadi seperti darah yg mengalir di seluruh pembuluh... Tapi semua kegarangan dan bingar itu luluh ketika melihat sekelompok gadis-gadis kawaii ini menari dan menyanyikan Heavy Rotation, Baby! Baby! Baby!, dll. AJAIB!

    I'm a proud metalhead! Also a proud JKT48 fans. Go! Go! Go! JKT48!

    BalasHapus
  23. Ampe skrg sya msih betanya2 knpa sya hrus mngidolakan IG ini,, Mngkin artikel diataslah jawabannya rupanya sya tidak sndiri banyak yg senasib dgn sya.. He he..
    Dahulu List Mp3 sya dipenuhi lagu2 System of a Down,, Metallica,, Linkin park beserta band2 cadas lainnya dan bahkan System of a Down lngkap dgn 4 Albumnya beserta dgn lagu2 indienya,, Tpi skrg List Mp3 sya berubah drastis di isi oleh Heavy rotation,, kimi no ko to ga suki dakara,, give me five dan lagu2 sister group 48 family lainnya..
    Jadi sya serink merasa ada yg tdk beres,, Tpi seiring dgn prjalanan wktu akhirnya sya pun mnerima kenyataan ini..
    Dan dahulu sya hanya tahu moshing,, fliying,, keoss.. Kini tdk lagi krna uda berubah mnjdi Chant dan Wotagei..

    BalasHapus
  24. kalo saya dari dulu suka metal dan anti lagu menye-menye. bahkan metallica, system of a down, avenged sevenfold sudah saya anggap lagu menye-menye (saking kerasnya selera musik saya), tapi anehnya saya bisa suka sama JKT48.

    BalasHapus
  25. kok dominan cowok sih? gue cewek tapi gue wotta -.-

    BalasHapus
  26. JKT48 semakin berkembang, ganbate, JKT48!!!

    BalasHapus
  27. Setuju sekali, saya cewe tapi ngefans banget sama JKT48 :))

    BalasHapus
  28. yang paling tepat saya kira no 7, kenapa? karena tanpa kita sadari sejak kecil telinga kita sudah sangat akrab dengan jpop dari ost anime jepang, video game dsb. sehingga ketika mereka muncul dengan aliran jpop maka gak usah heran jika metalhead sekalipun akn dengan mudah menyukai mereka, karena mereka jadi metalhead pasti saat remaja sedangkan ketika kita kecil bisa dibilang aliran musik kita semua sama.

    BalasHapus
  29. Saya pun perempuan tapi ngefans banget sama JKT48 \('w'
    Lirik lagunya bikin semangat dan penuh arti. Jadi bisa dinikmati oleh semua kalangan

    Maju terus JKT48!!

    BalasHapus
  30. Bener bgt tuh no.7.
    Jujur saya msih SMP namun sejak kecil udah sarapan lagu rock&metal macam Iron Maiden,Megadeth,Sepultura,Europe,Scorpions,Nirvana,A7X,Coldplay,The Script. Dan suatu saat adik saya nonton girlband bernama ********* dan saya tanya "apaan itu gak bermutu". Saya langsung pergi,gk tahan denger musiknya. Dan suatu ketika dia nonton JKT48 di TV, saya tanya lagi "gk bosen apa liatin kaya gitu" trus adikku jawab "tapi yg ini beda lho". Tiba tiba saya denger salah satu reff lagunya,tanpa sadar saya ikut duduk dan liat. Sejak saat itu gk tau jadi sedikit sedikit suka sama jkt48,lagunya itu lho...Rasanya kok enak didenger

    BalasHapus
  31. aihh alasan no 7 pass banget,, hanya heavy rotation yg bisa meruntuhkan jiwa heavy metal saya :')

    BalasHapus
  32. Dari kecil saya sudah suka musik yang cenderung keras dan cadas, baik itu musik Rock, Metal, maupun Punk, dan saya anti terhadap musik cengeng alay dan lebay yang isinya hanya cinta-cintaan gak jelas. tapi sejak munculnya jkt48 semua berubah, walaupun awalnya aneh dan malu dengan teman-teman metal saya, tapi bagaimana lagi udah terlanjur kecantol suka dan berani untuk mengakui. Ehhh ternyata saya tidak sendiri, banyak kawan-kawan Metal di sini yang ternyata juga suka jkt48. menurutku ada kharizma tersendiri pada jkt48, mereka ceria dan tidak lemah, jiwa semangat dan perjuangan pada mereka identik sama dgn jiwa Metal, cuma mereka gak berbau politik dan kekerasan aja,....

    BalasHapus
  33. wah, ternyata gw gak sendiri...
    banyak yg Heavy Metal to Heavy Rotation...

    BalasHapus
  34. Saya penasaran sama jumlah fans JKT48 yang kebanyakan cowok, terus akhirnya saya ketik "Kenapa Fans JKT48 kebanyakan cowok" di Google Search, dan ketemulah saya dengan blog ini.

    Sebagai musisi, saya rasa JKT48 ini belum terlalu "cocok" dipanggil musisi, karena mereka belum bisa membuat musik sendiri, mulai dari segi lirik apalagi dari musik. Mereka masih mengadaptasi lagu dr sister mereka.
    Saya dari kecil sudah "dicekokin" beraneka genre sama abang2 saya, mulai dari slow rock, britpop, britrock, glam rock, heavy rock, metal, heavy metal, hardcore, progressive, dll, waktu kuliah saya mulai terpengaruh sama J-music, sebut saja Do As Infinity, Laruku, DirEnGrey, Malice Mizer, dll. Nah, kalau menurut saya, genre JKT48 itu pop! Mau ada distorsi atau drive gitar pun, mereka akan tetap jadi pop. Dan untuk membuat dan memainkan lagu pop, you have to be skillful! No offense, tapi menurut saya, alasan cowok2 jadi fans JKT48 itu tidak lain dan tidak bukan, hanya karena personilnya cute!
    Saya kurang setuju kalau ada yang bilang musik JKT48 sama musik metal itu basenya sama! Nonsense!
    Percuma kalau ngaku headbangers tapi tidak mengerti unsur musik metal.

    Kesimpulannya, JKT48 itu sama kaya IG lainnya. Walau beda kemasan, tetap saja sama, masih mengandalkan cuteness personelnya.
    Tanpa mengurangi rasa hormat kepada manajemen JKT48 yang hebat, saya rasa akan lebih baik kalau mereka mampu membuat musik mereka sendiri, biar bisa tahu juga kapasitas mereka sebagai "musisi" itu sampai mana.

    Arigatou

    ps: saya pernah lihat JKT48 perform off-air, dengan segala ketersediaan alat yang ada, tapi mereka tetap memilih menggunakan lip-sync di performance mereka. Jadi, apa yang sebenarnya membuat mereka "beda"?
    peace

    BalasHapus
  35. INI KEREEEEENNNNNN!!!!!!
    MAKIN CINTA AMA JKT48 ,,
    J K T 48 J K T 48 J K T 48
    ARE YOU READY????
    OI OI OI

    BalasHapus
  36. Thanks ya sob udah share ..............





    agen tiket murah

    BalasHapus
  37. Saya sebagai fans JKT48 beranggapan,, wajar saja JKT48 langsung booming, karena ada 4 sebab diantaranya :

    1. Semua member cantik
    2. Ceria
    3. Lagunya enak
    4. Konsepnya unik.

    Seandainya semua membernya jelek,, adakah yang nge-fans..? Hehe ^_^

    Salam.

    BalasHapus
  38. hem..bukannya JKT 48 tuh punya lagu banyak banget gara-gara pendahulunya ya? AKB 48 dll yang ada di jepang itu..lagu-lagunya kan cuma lagu jepang yang di translate istilahnya, ke bahasa indonesia.. (==") kan JKT 48 juga 1 lisensi sama AKB dkk.

    tapi baguslah. daripada cherrybelle.

    BalasHapus
  39. Nabilah sama Ghaida juga metalhead :D

    BalasHapus
  40. sy cuma suka personilnya.. klo pendapat sy sih, yg mereka jual bukan cuma lagu tapi karakter yg beda tiap membernya. Ga heran klo ada penggemar band2 metal atau band2 lain nglirik jkt48 krn disitu ada salah satu member yg cocok dg tipenya atau seleranya. Semisal sy suka cigul krn imut atau sy suka ghaida krn dia suka musik metal dst. Mungkin ada yg ga setuju sm pendapat sy, tapi coba renungin deh.. cewek sebanyak itu dg karakter yg berbeda, tanpa pacar, siapa sih yg ga luluh XD
    oh iya.. klo masalah lagu, saat ini sy lg ngefans sama Baby Metal ^_^;

    BalasHapus
  41. memang bener ANOMALISTIK

    BalasHapus

Fans yang baik akan selalu berkomentar dengan baik :)
Kalau gak punya akun Gmail, pilih aja Name/url, terus isi dengan nama dan alamat facebook/twitter kalian...
Silakan berkomentar :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...