Fans JKT48 Bukanlah WOTA!

Admin kembali menulis halaman artikel yang agak menggelitik. Namun admin rasa hal ini sangat penting, terutama untuk kita para fans JKT48.

Selama ini sering ada perdebatan antara istilah wota dan fans. Masih banyak yang mengira bahwa wota adalah panggilan untuk fans JKT48. Ada juga yang bilang wota adalah fans yang derajatnya lebih tinggi, lebih "gila" dari fans biasa. Padahal semua itu keliru.

Sebelum admin menjelaskan letak kesalahannya, perlu admin jelaskan apa arti wota. Wota hampir sama dengan otaku, yaitu istilah Jepang untuk seseorang yang sangat gemar terhadap suatu hal dan berdedikasi tinggi terhadap hal yang digemari tersebut, misalnya, otaku manga adalah orang yang sangat hobi terhadap manga (anime Jepang). Nah, wota sendiri artinya sama dengan otaku idol, yaitu seseorang yang sangat menggemari idol group di Jepang.

Nah, letak kekeliruannya adalah, pemakaian istilah wota tidak tepat digunakan di Indonesia, karena wota adalah panggilan untuk fans idol group di Jepang. Salah satu member JKT48 yaitu Ghaida Farisya, lewat akun twitternya @ghaidaJKT48 pernah membahas tentang hal ini. Berikut adalah screenshot dari beberapa pernyataan Ghaida.

Ghaida JKT48
Dari beberapa pernyataan Ghaida di atas, ada beberapa poin penting yang bisa kita tarik :
  1. Wota adalah panggilan untuk fans idol group di Jepang, bukan hanya untuk 48 family saja, karena di Jepang banyak idol group selain 48 family
  2. Khusus untuk JKT48, istilah wota tidak berlaku, karena walaupun JKT48 adalah  sister group AKB48 yang berasal dari Jepang, JKT48 tetap idol group yang berasal dari Indonesia dan memakai budaya Indonesia
  3. Para member JKT48 juga tidak setuju jika istilah wota diartikan sebagai "tingkatan fans yang lebih tinggi". Hal itu hanya akan menyulut perselisihan antar fans, antara fans yang merasa lebih tahu dan fans yang masih baru. Fans JKT48 semuanya sama, dan JKT48 sama sekali tidak mengharapkan perselisihan antar fans JKT48, karena sesuai motto 48 family "tumbuh dan berkembang bersama fans", JKT48 tidak akan berkembang jika fansnya terpecah belah
  4. Kesimpulannya, fans JKT48 cukup disebut fans JKT48 saja, entah dia sudah lama menggeluti dunia JKT48 ataupun masih baru. Tidak ada istilah lain, termasuk wota. Karena semua fans JKT48 tujuannya sama, mendukung JKT48 agar menjadi lebih baik. Dan itulah yang diharapkan JKT48, para fans bersatu untuk mendukung JKT48 sampai kapanpun
 Pernyataan-pernyataan Ghaida di atas cukup memberi angin segar. Admin sendiri mengakui, sebelum membaca tweet-tweet Ghaida tersebut, admin masih menganggap ada tingkatan yang lebih tinggi dari fans yang disebut wota. Dan admin sendiri sampai sekarang belum merasakan sudah ada di level yang disebut wota itu. Syukurlah, ternyata memang tidak ada kasta dalam dunia fans JKT48.

Kita sebagai fans JKT48, harus terus mendukung grup idola pertama di Indonesia ini secara kompak. Jika ada fans yang masih merasa baru, jangan sungkan untuk bertanya kepada fans yang lebih tahu, dan sebaliknya, fans yang lebih tahu harus bersifat welcome kepada fans yang belum tahu banyak tentang JKT48.

Ganbatte JKT48 dan fansnya!

75 komentar:

  1. ada yg gw gak ngerti gan:
    1. klo mnurut agan istilah wota gak tepat digunakan di indo apa istilah otaku jga gak tepat digunakan di indo?? gmn pendapat agan klo mrujuk pda wota = otaku.
    2. nah klo kita fans sama 48family apa istilah wota itu berlaku?? klo merujuk pda wota hnya berlaku pda idolgrup jepang.
    3. kata" di point 3 "perselisihan antar fans dan fans akan terpecah belah" contoh kasusnya seperti apa?? krena slama gw dukung JKT48 dri awal ampe skarang blom ada kasus perselisihan antar fans.
    4. mnurut pengalaman gw yg pernah deket sama wota" 48mamily mreka gak menganggap diri mreka brada di kasta tertinggi kok, gak seperti yg agan tulis dlm atrikel. malahan mreka gak sekalipun menyebut mreka itu adalah wota, krena wota gak bisa diukur dan ditimbang oleh diri sendiri, jdi mnurut gw mungkin wota itu adalah sebuah kata istilah yg dilontarkan orang lain brdasarkan penilaian kpada seseorang yg sangat fanatik sama idolanya.

    #maaf banyak nanya,! krena penjelasan dari artikel agan sangat tanggung dan menggantung jadi menimbulkan banyak pertanyaan dibenak gw.

    *dan maaf klo ada kata" yg salah mohon dikoreksi. Thx B4

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasi sebelumnya udah baca, ane coba jawab pertanyaan agan nih.

      1. Kalo istilah otaku, misalnya otaku manga, itu sah2 aja dipakai disini, karena ga merujuk ke suatu idol group

      2. Kalo di jepang, fans idol group sama wota itu sama aja, bedanya cuma dalam perujukannya, kalo fans lebih dipakai untuk sekumpulan orang, wota lebih dipakai untuk perorangan. Tapi sekali lagi, hanya berlaku untuk idol group di Jepang, jadi untuk JKT48 tidak berlaku ya...

      3. Fans JKT48 kan tersebar di banyak forum, ada di official fanpage, kaskus, IDWS, dll, dan masing2 forum punya karakter masing2. Agan mungkin belum ketemu fans yang berselisih, kalo ane pribadi kadang2 suka ketemu fans2 yang seperti itu. FWI, ane sering main di fanpage official

      4. Nah makanya itu, seharusnya pemakaian istilah wota jangan disalahartikan, walaupun maksudnya untuk menghormati fans yang lebih tahu. Salah persepsi dan tindakan bisa mengancam persatuan antar fans loh. Mungkin sekarang belum terjadi, JKT48 aja usianya baru 6 bulan, tapi apa kita harus nunggu sampai itu terjadi?
      Sudah bagus loh kalau fans yang lebih tahu tidak menyebut dirinya wota, nah fans yang belum tahu banyak jangan ikut2an bilang kalau mereka wota. Bisa ada salah pengertian.Intinya fans JKT48 cukup disebut fans JKT48 saja, baik fans "lama" atau fans "baru", ga ada bedanya.

      Semoga jawabannya membantu agan

      Hapus
    2. untuk kasus perselisihan antar fans ane punya contoh gan, temen2 sesama fans di skolah ane kan punya kebiasaan pulang skolah latihan wotagei, kebetulan ada fans baru cewek lgi pas diajakin latihan dia ga mau soalnya temen ane yg merasa lebih senior bilang gini "jangan bilang fans jkt klo ga pernah ngelive" sontak tu cewe tersinggung akibatnya ngambek deh. gua yg merasa jga tersinggung (karna blum pernah ngelive) langsung gua omelin ramean sambil nyuruh minta maaf. unutng dimaafin klo ga ilang deh 1 fans cewe.

      Hapus
    3. wota setau ane sama otaku sama aja apa beda nya... cuma beda penyebutan nya aja si.. inti nya sama2 freak... hahaha nah maka dari itu ane benci kalo ane di bilang otaku..

      Hapus
  2. nah, artikel ini harusnya jadi renungan buat fans lama (emang gk nyebut wota, tapi "senpai", sama aja ada tingkatan lagi), agar lebih enak dalam bersikap ke fans baru ("kohei" kali ya?)
    saya pernah mendapat perlakuan kurang nyaman dari "mereka" di fanpage saat salah nulis di posting, salah nulis karena saya baru, jadi kliru istilah, bukannya ngebenerin, malah komen yg (menurut saya) kurang nyaman...
    kalo gitu saya aja dah yg lebih bisa ngertiin mereka yg sok senior gitu...
    arigatou gozaimashu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. setau ane senpai itu senior nah klu fans 48 family di bagi 2 atau 3 tingkata yaitu fans biasa,wota klu ada tingkat ke 3 yaitu superwota begitu setau ane.
      Arigato

      Hapus
    2. kan semua fans sama, yang lama maupun yang baru, ga ada bedanya. menurut saay begitu .-.

      Hapus
  3. Gan klo Ghaida ferisya emg asli Pandeglag gak sih???

    BalasHapus
  4. ikut komentar ya, CMIIW

    dari yang ku lihat, penggunaan wota, karena memang dah terbiasa sebagai otaku idol japan, jadi karena 48family ada disini, secara tidak langsung penggunaan wota dipakai untuk 48 family yaitu JKT48 disini..

    BalasHapus
  5. terserahlah mau wota, wotu, woto, dlll yg penting JKT48 harus terus berkibar di indonesia n i love you baby.. baby.. baby... nabila ;)

    share juga gan dapatkan informasi mengenai pengobatan herbal terbaik hanya di www.alternatif-herbal.com

    BalasHapus
  6. gimana kalo fans jkt48 kita sebut jkters. wkwk
    kalo masalah yg lebih fans yg senior / junior..hmm...
    belum perlu lah ya... lagian fans jkt48 di sini blum sebesar fans akb48.
    mungkin karena besarnya fans akb48 mereka perlu membedakan fans yg senior/yg banyak tau akb48 & yg junior :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. knpa KOg gak takut Khilngan 1 Anggota Fans dari Jkt84??? Apa kalian Gak suka kalo SAlah satu fans kalian Hilang??termasuk aku knpa kalian gak mau nerima Aku???

      Hapus
  7. Nah, ini pencerahannya. sankyu gan

    BalasHapus
  8. IMO.....

    fans nya jkt48 emang cuma disebut fans, tapi fans idol group itu adalah otaku idol (wota), jadi secara tidak langsung mereka itu wota....

    nama fans jkt48 = fans jkt48
    fans jkt48 = fans idol
    fans idol = otaku idol
    otaku idol = wota

    BalasHapus
    Balasan
    1. tpi liat2 idolnya made in japan bukan? klo bukan ga bisa disebut wota, gunakanlah produk2 Indonesia.

      Hapus
    2. sip gan Q dukung perkataan mu

      Hapus
    3. sory y bro sebelumnya ini bukan masalah kita d produseri org yg sama atau gmn?tpi istilah indo ma jepang 2 berbeda..
      klo d indo d sebut fans klo d jepang d sebut wota ini cuma perbedaan tulisan tpi artinya sama..
      just my opinion

      Hapus
  9. baru tau sy istilah wota, kiraiin apaan tuh wota2. Thx infonya
    JKT48 Maju terus

    BalasHapus
  10. bang, apakah ada marchendise yang dijual di luar jakarta? kalau tidak, apakah fans boleh membuat marchendise unofficial? jika ya, kemana ijinnya bang?
    mohon pencerahan...
    sukses terus bang !!!

    BalasHapus
  11. Malem agan"...
    Ane cuma mao nanya...
    Waktu itu ane baca di fanbase d twitter, katanya:
    #Cumananya kalau fans akb48 di jepang Stage48, jadi kita di indonesia mau make nama apa? Stage48 atau 48Family?...
    Setau ane semua fans indonesia pada make nama 48Family kan gan?...
    Brarti kita sudah memakai budaya kita sendiri hehe :D...
    Terus menurut ane buat fans jkt48 yang berkelompok itu 48Family, untuk yang perseorangan itu terserah meraka aje gan, persepsi orang beda" sih hehe :D...
    Kalau emang terjadi perselisihan antar fans, ya biar official yang bersabda ;)..
    Arigatou, Oyasumiii~

    BalasHapus
  12. manga=komik jepang,

    BalasHapus
  13. kayak'nya wota cocok aja deh broo.., soalnya kan Jkt48 juga sama aja produser'nya kayak AkB48 dll., So semua'nya sama, yang beda cuma member sama nama'nya aja, karena theater'nya di jakarta mknya disebut jkt48,

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan bro , bukkan karna dijakarta namanya jkt, JKT48 itu punya kepanjangan

      Hapus
    2. Iya , kepanjangannya Joyfull Kawai Try to the best •﹏•
      #sokpinter

      Hapus
  14. Thanks ya Min atas pemberitahuannya,saya jadi dapat banyak ilmu walaupun masih sedikit karena saya fans baru

    BalasHapus
  15. kurei_albatawie13 Maret 2013 15.38

    Otaku gak Buat Manga doang Kali Gan ..
    Ane Cieler brati ane Otaku or Wota Laruku

    Otaku/Wota sm aja sm Fans .. Jd gak ad yg perlu d Permasalahin .. Masalah senioritas itu Pandangan n penilaian orng trhadap ssorang ..

    Kalo Emng Mau Pake Produk Indonesia Jangan Pake Kata "Fans" or "Wota" tp pake Kata "Penggemar" karna ini dr bhasa indonesia yg baik dan Benar ..

    Maap Klo salah Kamar , ane cm trgelitik sm thread'y aja

    BalasHapus
  16. gara-gara ada rumor tingkatan. waktu aku lihat JKT48 di kota batu.. ada fans JKT48 malang juga yang ngaku"mya udah senior waktu aku ajak bicara dan tanya-tanya dia kagak jawab malah ngeledekin "anak kecel tau apa soal JKT48? bisanya cuma tanya mulu pemula lagi. gue kan udah lama jdi wotanya" . tersinggung banget mana kaki ku di injek lagi. padahal aku ketemu fansnya yg dri jakarta dan daerah lain aja kagak kaya gitu. apa karena dia fans jkt48 cowok dan aku fans jkt48 cewek. jadi, di pandang sebelah mata gitu ya? ;(. tpi fans dr jakarta dan daerah lain ga gtu meskipun dia lelaki. apa wajah ku aja yg bikin kesel ya? :(

    BalasHapus
  17. Yup... Jadinya kan kita bisa menghindari fans ale-ale yang suka ngaku2 senior dan blagu. Saling membantu malah lebih asyik kan ? Daripada gitu pake WOTA2an, ujung2nya Fans yg baru tau JKT48 cuma dibully sama Fans Ale-ale.

    BalasHapus
  18. setuju aja kalo disebut wota..
    karna intinya jkt sama akb 48 tu sama, semua 48 family tuh sama. karna di produseri oleh orang yg sama, cuma beda nama, tempat, dan membernya. tapi mereka intinya sama.
    kalo tingkatan2 gitu mah guah kagak peduli
    :v
    nb: kinal i lop yu :* :P

    BalasHapus
  19. Ada yg sekedar ndengerin lagunya jkt, ada yg sekedar suka, ada yg fans, ada yg fans berat, ada yg maniak (contoh maniak : mengorbankan uang jajan untuk beli merchendise sehingga hrus makan mie instan tanpa dimasak selama 20 hari kedepan)
    padahal, personilnya jkt hanya menyadari kalian sebatas fans, mau kalian mati demi mereka, mau apa kek, mereka g menyadari eksistensi perorangan.. Jadi ya ngga usah berlebihan lah

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju bgt nih sama pendapat kk

      Hapus
    2. Ya kalo sudah agan tabulasikan kayak gitu jatohnya ya jadi hak masing2 orang, kan sifat orang beda2 jg gan, gak bisa kita satukan antara otak agan yg encer dan sifat agan yg bijaksana dengan pemikiran serta sifat fans lainnya, pasti beda kan, tapi yang jelas fans JKT48 itu santun2, pinter2 kok, sifatnya jga gak berlebihan, malah terkesan ngejaga member banget, jadiane rasa gak usah diperdebatkan-lah masalah kayak gini, itu udah jadi hak asasi masing2 orang, mau makan mie 20 hari, ato makan steak pake nasi aking seumur idup yang penting keep support JKT48, walau cara kita beda2 untung ngedukung..

      Hapus
    3. Ujungnya jadi makanan ortak-otak malahan... Hahaha

      Hapus
  20. setuju juga saya,, sama pendapat kk... lagipula saya ini jauh harus nonton ke jakarta..

    BalasHapus
  21. ooh, jadi intinya wotadan fans itu cuma sama-sama sebuta aja kan? yowis lah. saya kebetulan fans baru, terimakasih artikelnya

    BalasHapus
  22. gan, mau nanya apa ngechant hanya untuk idol group ?
    Soal.nya ane liat ada aja yg ngechant buat girlband, dangdut dll....

    BalasHapus
  23. http://fashion-pria.tokobagus.com/tshirt/kaos-jkt-48-fans-21533277.html

    BalasHapus
  24. ooo...
    saya kirain wota itu apa...??

    BalasHapus
  25. gamasalah sih disebut wota apa ngga, yg penting tujuannya dukung jkt48

    BalasHapus
  26. yaaahh... terlanjur deh..
    skin laptopku tulisannya wota :(

    BalasHapus
  27. kalo menurut saya sih wota itu pantes kok buat jd sebutan fans jkt48, kalo emang wota itu gak berlaku buat jkt48, knpa istilah oshi dan oshimen itu diberlakukan?? padahal kan itu sama2 bahasa jepangnya. dan sebaiknya sebutan2 itu diberlakukan juga buat 48 family

    * mohon dimaafkan kalo komenan saya kurang berkenan, saya hanya mengutarakan pendapat saya.. terimakasih :)

    BalasHapus
  28. idol group indonesia yg memakai budaya indonesia? tapi kok manggilnya jeikeiti forty eight bukan jekate empat delapan? terus lagulagunya kok ga indonesia banget ya

    BalasHapus
  29. boleh ngefans asal jangan berlebihan dan gag merusak hidupmu sendiri

    BalasHapus
  30. Siapalah saya ini ? Bukan wota, tapi cuma fans biasa.

    BalasHapus
  31. Hati hati ,fans jkt48 kykny ada anak geng mtr dan preman .

    BalasHapus
  32. akhirnya ada juga jawaban dari pertanyaan selama ini tntng wota,,,thanks gan

    BalasHapus
  33. ah
    fans2 alay lagi dah X_X

    BalasHapus
  34. SEPERTI LAGUNYA BONDAN PRAKOSO & FADE 2 BLACK YA SUTRALAH.......
    ada yg bilang A,B,C,D yang penting INDONESIA BERSATU & #JKT48akuindonesia ......
    Just Fans ..... No more....

    BalasHapus
  35. ada yang belum diketahui oleh para fans jkt 48 , yaitu tentang member yang bernama dhike , sebelum masuk jkt 48 dhike mempunyai pacar yang sekarang sedang study di perguruan tinggi seni di daerah cikini jakarta pusat ,dan arsip nya adalah sebuah karya lukisan wajah dhike si sebuah studio di kampus tersebut, jika kalian tidak percaya boleh di cek kebenarannya

    BalasHapus
  36. apapun yang kalian debatkan, intinya kita suka sama JKT48 kita ngefans sama mereka..
    So, dari pada kita berselisih paham.. Lebih baik kita dukung terus idol grup kita, JKT48!!!

    BalasHapus
  37. makasih admin....
    sya new comer n itu sgt membntu..
    JKT 48 the best lahhh

    BalasHapus
  38. sebenernya sah-sah aja kalo di indonesia pake istilah wota coz konsep idol group yang diusung jkt48 dibawa dari kultur jepang, istilah wota emang udah satu paket sama konsep idol group jepang.

    menggenai apa itu "wota". "wota" adalah "idol otaku". apa itu otaku, otaku adalah geeks/maniak, orang yang kesengsem banget dengan suatu hal.
    jadinya kalo temen2 merasa maniak sama idol atau liat orang lain ada yang mniak banget sama idol, berarti dia bisa disebut wota. selain dari itu dibilang fans aja dan wota ga ada hubungannya sama senior atau junior

    marilah kita menyamakan pengertian agar terjalin persatuan, thx

    BalasHapus
  39. kk aku mau tau dong
    soraknya fans jkt48 itu yang lengkab apa aku cuma tau yang ini kak

    *Taigaa
    *Faiyaa
    *Saibaa
    *Faibaa
    *Daibaa
    *Baibaa
    *jyaa jyaa
    lnajutnya aku gak tau kak jadi aku cuma goyangin lightstick nya doang kak
    HELP ME !

    BalasHapus
  40. Manga sama anime itu beda oeeyyy!! Kejepang-jepangan kok salah sih!! Kalo mau gampangannya, manga itu komik, Anime itu kartun... Hadehh!! *fans manga dan anime garis keras*

    BalasHapus
  41. kalo kita ga boleh menyebut fans fanatik yang mendedikasikan diri pada idol nya sebagai "wotaku" hanya karna itu istilah di jepang dan tidak berlaku di indo. kalo gitu chant nya juga ga boleh di berlakukan di indo..? karna chant yang selama ini kita teriakan sama seperti yang di jepang.?terus mau di ganti dengan apa .?

    dan belum ada tu WOTA ngaku WOTA. karna istilah itu pernyataan orng lain pada kita , bukan pernyataan kita untk diri sendiri.

    sama hal nya orng "ALIM" ga ada orng alim ngaku alim gan.. :)

    BalasHapus
  42. JKT48 tumbuh dan berkembang bersama fans "yang tinggal di Jakarta dan yang berduit" #siapalahsayaini

    BalasHapus
  43. saya salah satu fans regional di kalimantan..
    saya pernah melakukan penelitian dimana seorang fans yang lebih tau AKB48 dlu dari pada JKT48m nerasa lebih "Sepuh" daripada mereka yang baru mengenal AKB48 karna adanya JKT48...
    ayolah...
    sadarlah kalian para sepuh...

    BalasHapus
  44. emang member boleh balas mention ya? :|

    BalasHapus
  45. ikutan yee!!

    Wota dan fans jkt48, hanya pandangan dari orang lain aja. Toh kita gak rugi kan! Tapi gua juga gak mau dibilang wota, katanya alay wks

    http://bhayoe48.mywapblog.com

    BalasHapus
  46. Saya baru menulis riset & studi lapangan tentang JKT48, Wota, dan Cinta.. silakan baca di http://www.hitmansystem.com/blog/jkt48-wota-dan-cinta-2785.htm Thank you!

    BalasHapus
  47. Oh gitu ya. Jadi otaku itu sma dengan fans berarti fans jkt48 bisa dibilang otaku idol ya ?
    Ane juga sering membahas tentang JKT48 tapi melalui Facebook Kaos JKT48

    BalasHapus
  48. permisi, mohon bantuannya untuk mengisi kuesioner ini teman2
    http://www.surveygizmo.com/s3/1461871/Para-responden-yang-terhormat-Saya-Firman-Iskandar-mahasiswa-Magister-Manajemen-Universitas-Indonesia-Konsentrasi-Pemasaran-Saat-ini-saya-sedang-melakukan-penelitian-yang-berjudul-Membangun-Brand-Loyalty-Melalui-Pengelolaan-Brand-Community-Commitment-Studi-Kasus-JKT48-dalam-rangka-penyelesaian-thesis-saya-Saya-mengharapkan-bantuan-Anda-untuk-mengisi-kuesioner-ini-Dalam-penelitian-ini-semua-informasi-yang-diterima-sebagai-hasil-kuesioner-bersifat-rahasia-dan-akan-digunakan-untuk-kepentingan-penelitian-semata-Tidak-ada-hasil-yang-benar-atau-salah-untuk-semua-jawaban-kuesioner-Atas-perhatian-dan-kerjasamanya-saya-mengucapkan-terima-kasih-Firman-Iskandar-1206186075

    BalasHapus
  49. Minna~ aku mau tanya,sebenarnya apa sih yang di terikan oleh penonton idol grup?
    #maaf ya kalau pertanyaanku kedengaranya sepele,tapi mohon dijawab ya,soalnya aku tinggal didaerah yang gak mengenal otaku,anime atau pun idol grup.

    BalasHapus
  50. Jadi Sebutan buat JKT48 Lovers Apa

    BalasHapus
  51. Kok boleh mention sih fans/orang lain selain member sih?kan aturan dari JOT ga boleh tuh -.-"

    BalasHapus
  52. Menurutku wota di tingkat lebih tinggi itu gak sepenuhnya salah. Wota merupakan bagian dari otaku, sedangkan otaku sendiri dapat diartikan 'maniak'. Jadi otaku adalah orang yang benar-benar tergila-gila akan suatu hal (subculture jepang seperti manga, anime, idol dll) dan bisanya mengumpulan semua hal yang berbau dengan hal yang disukai tersebut (seperti poster, dvd, figure, bantal, pakaian dll) sampai menghabiskan uangnya. Jadi bukan orang yang baru suka (baru suka naruto sudah menyebut dirinya otaku).
    Tapi jangan suka dulu disebut otaku atau wota (untuk idol). Karena otaku di jepang memiliki image negatif dan seorang otaku biasanya dijauhi. Sehingga mereka (otaku) biasanya menyembunyikannya dari orang lain atau memilih mengurung diri dikamar. Beda dengan orang indonesia yang bangga disebut otaku atau wota.
    Untuk fans AKB48 juga tidak menyebut dirinya wota (mungkin karene image negatif tersebut). Nama fans AKB48 adalah Nihonbashira no Kai (Perkumpulan Dua Tiang) diambil dari dua tiang yang ada di depan stage theater AKB48.
    Jadi sebaiknya kita menyebut fans JKT48 dengan fans JKT48 saja bukan wota . Bukan karena budaya atau apa, tapi emang AKB48 sendiri tidak menggunakan istilah wota.

    BalasHapus
  53. Salam kenal ^^

    Kunjungi juga blog ku ku

    http://didinulum.blogspot.com/

    BalasHapus
  54. Jadi beda ya wota sama fans? Baru tahu. Ya moga sesama fans jkt48 rukun gak ada perpecahan karena beda istilah. Salam kenal. :)

    BalasHapus

Fans yang baik akan selalu berkomentar dengan baik :)
Kalau gak punya akun Gmail, pilih aja Name/url, terus isi dengan nama dan alamat facebook/twitter kalian...
Silakan berkomentar :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...